Jumat, 22 Maret 2013

APRESIASI FILM


UTS APRESIASI FILM
1. a. jelaskan kedudukan sinematografi dalam kawasan teknologi pendidikan
Sinematografi adalah kata serapan dari bahasa Inggris Cinematography yang berasal dari
bahasa Latin kinema 'gambar'.
Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita). Dalam teknologi pendidikan ada mata kuliah apresiasi film, jadi menguasai sinematografi sangat penting dalam mata kuliah apresiasi film karena dengan sinematografi kita bisa menguasai teknik menangkap gambar dengan baik.

b. jelaskan kontribusi mata kuliah sinematografi dalam kontribusi ilmu teknologi pendidikan
Sinematografi secara etimologis berasal dari bahasa Latin yaitu; Kinema (gerak), Photos (cahaya), Graphos (lukisan/ tulisan). Jadi sinematografi dapat diartikan sebagai aktivitas melukis gerak dengan bantuan cahaya. Menurut Kamus Ilmiah Serapan Bahasa Indonesia (Aka Kamarulzaman: 2005, 642) Sinematografi diartikan sebagai ilmu dan teknik pembuatan film atau ilmu, teknik, dan seni pengambilan gambar film dengan sinematograf. Sinematograf itu sendiri bararti kamera untuk pengambilan gambar atau shooting, dan alat yang digunakan untuk memperoyeksikan gambar-gambar film. Sedangkan sinema (cinema) diartikan sebagai gambar hidup, film, atau gedung bioskop.
Film (movie atau cinema) merupakan produk atau buah karya dari kegiatan sinematografi. Film sebagai karya sinematografi merupakan hasil perpaduan antara kemampuan seseorang atau sekelompok orang dalam penguasaan teknologi, olah seni, komunikasi, dan manajemen berorganisasi.  Jadi kontribusi mata kuliah sinematografi sangat berperan penting bagi teknologi pendidikan dikarenak ilmu itu sangat penting untuk media audio visual.
 
 
 
 

2. film adalah komunikasi menggunakan bahasa visual. jelaskan kaidah prinsip penggunaan bahasa film sebagai bahasa visual1
komunikasi yang tercipta melalui media film adalah komunikasi yang terajadi 1 arah atau yang biasa disebut one way trafic communication yaitu kepada komunikan atau penonton.
untuk menyampaikan amanat film tersebut diperlukan media, dan oleh karna itu ada 3 faktor utama yang mendasari bahasa film yaitu :
1. gambar / visual
2. suara / audio
3. keterbatasan waktu
3. penonton adalah sasaran utama berkomunikasi melalui film. jelaskan karakteristik penonton film, agar pembuat film memahami apa yang diharapkan !
Cukup banyak pecinta film yang ada di Indonesia namun tak banyak dari mereka yang benar-benar suka dan mengerti mengenai seni menonton film. Kebanyakan dari mereka hanya menonton film sebagai sarana pengisi waktu luang dan media penyaluran hiburan dan ada juga yang menonton film merupakan sebuah seni dan sangat menikmati setiap detik dari film tersebut dan berusaha mengerti pesan yang terkandung dari sebuah film.
beberapa tipe penonton film yang banyak terdapat di Indonesia,
Penonton Hiburan
Tipe penonton ini adalah sekumpulan penonton yang akan membeli DVD/VCD atau pergi ke bioskop hanya untuk menonton film-film populer dan tidak terlalu mau menonton film yang rumit dan aneh. Pokoknya mereka mau menonton film yang mudah dicerna, populer, banyak adegan perang, spesial efek bagus dan sedikit adegan-adegan panas. Dan saya pikir jumlah mereka sangat banyak di Indonesia ini.
Penonton Tersegmentasi
Tipe penonton ini cukup unik untuk dicermati karena mereka biasanya akan menonton film hanya jika film tersebut dibintangi, disutradarai oleh favorit mereka atau film dengan tema dan genre tertentu. Dengan kata lain, mereka akan malas menonton film diluar hal-hal favorit mereka sendiri.
Penonton Film Festival
Penonton yang termasuk ke dalam tipe ini adalah penonton yang hanya menonton film-film yang pernah meraih atau masuk nominasi dalam berbagai festival-festival film baik lokal maupun internasional. Tidak mudah untuk dapat masuk ke dalam tipe ini karena memang biasanya film yang ditonton bergenre drama berat yang menekankan pada dialog, karakter dan plot atau jalan cerita.

Penonton Okasional
Yaitu penonton yang tidak terlalu suka namun juga tidak terlalu mau meninggalkan film. Mereka biasanya cukup menonton film-film yang ditanyangkan oleh TV dan jika ada kesempatan hanya membeli film-film populer itupun tidak secara reguler. Film bukanlah sesuatu yang harus ditonton secara reguler dan film merupakan sarana hiburan belaka.
Itulah beberapa tipe penonton film di Indonesia yang dapat saya simpulkan. Sekarang tanyakan kepada diri kita sendiri akan masuk ke mana kita sebagai seorang penikmat film.

4. jelaskan apa dan bagaiman sesuatu yang mendorong terjadinya cerita film
Pendorong terjadinya cerita film ialah :
Di dalam sebuah cerita harus ada beberapa komponen yakni adalah :
 - konflik
- suspens/ketegangan
- Curiosity/rasa ingin tahu
- Surprise/kejutan


5. jelaskan dan beri contoh agar nampak jelas perbedaan antara unsur dramatik dan konstruksi dramatik !
KONSTRUKSI DRAMATIK

            Supaya struktur dramatik atau bangunan scenario berdiri, maka dibutuhkan kerja konstruksi. Menyusun konstruksi dramatik adalah mengaransir kejadian-kejadian untuk menata bangunan dramatiknya, agar cerita menjadi menarik dalam penyajiannya. Sebuah cerita yang sebetulnya bagus, bisa jadi tidak menarik dalam penyampaiannya, disebabkan oleh kesalahan konstruksi dramatiknya. Sebaliknya, karena bagus konstruksi dramatiknya, sebuah cerita yang tak berarti bisa menarik sebagai tontonan. Jadi konstruksi dramatik adalah penataan suatu penuturan.


Ada tiga kerja konstruksi skenario:

1. UNSUR DRAMATIK

Dalam skenario unsur-unsur yang dibutuhkan adalah:
- konflik
- suspens/ketegangan
- Curiosity/rasa ingin tahu
- Surprise/kejutan

jadi perbedaan antara unsur-unsur dramatik dengan kontruksi dramatik adalah: konstruksi dramatik itu mencakup unsur dramatik.jadi unsur dramatik adalah bagian dari kontruksi dramatik.
6. segala cerita tentu bersumber dari ide dan tema, jelaskan dari mana saja ide dan tema itu diambil, dan berikan contoh proses breakdown tersebut !
Secara umum ada dua cara untuk menemukan ide tentang topic situs (niche website) yang akan dibuat, pertama dari keahlian yang dimiliki atau hobi yang dipunyai. Seandainya anda seorang montir, buatlah situs tentang tips-tips merawat kendaraan misalnya, atau seorang broker property, bisa membuat situs tentang bagaimana cara membeli rumah sesuai dengan keinginan dan harga yang miing. Bisa juga dari hobi, misalnya anda mempunyai hobi merawat tanaman adenium atau ikan koi, bisa membuat situs tentang hal tsb. Keunggulan membuat membuat situs tentang keahlian atau hobi kita adalah kita mempunyai sumbar dan energi yang tidak terbatas untuk terus mengembangkan dan mengupdate situs kita. Ingat, secara umum situs adsense merupakan situs yang menjual informasi, semakin berguna, spesifik, dan unik informasi yang kita berikan. maka situs kita akan mendapat banyak pengunjung dan tentu saja akan meningkatkan peluang mereka untuk mengklik iklan-iklan yang ada di situs kita.
Cara yang kedua, mirip dengan cara pedagang general supplier atau kadang terkenal denga istilah “Elo cari apa aja gue ada”. Ya, kita membuat tema situs sesuai dengan demand atau tuntutan pasar atau dengan topic yang banyak dicari orang di internet, atau topic apa yang lag “hot” di saat itu, seperti pedagang buah, lagi musim durian, jualan durian, musim duku jual duku dsb. hukum dagang menyebutkan, jika anda mau membuat suatu produk, buatlah produk yang paling banyak dicari tapi sedikit penyuplainya.

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And getting it running is as simple as 1, 2, 3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add some PUSH button traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to make money ONLINE?

    Click here to check it out

    BalasHapus